tren pariwisata 2022

Cek 5 Tren Pariwisata 2022 Berikut Untuk Menarik Tamu ke Villa Anda!

img Feby Sumadewi | August 10, 2022

Tren pariwisata 2022 saat ini semakin berkembang mengikuti tren sebelumnya semenjak pandemi menghantam. Bagi owner, penting untuk selalu mengikuti tren untuk melihat peluang agar dapat menarik minat tamu untuk booking walau di masa krisis. 

Terlebih lagi semenjak pandemi menghantam, banyak wisatawan berkurang secara signifikan dan semakin selektif saat memilih akomodasi. 

tren pariwisata 2022
Wisatawan asing kembali meningkat usai pandemi. Photo by Adrian Agawin

Hampir 2 tahun semenjak pandemi covid-19 menghantam, industri pariwisata kini sudah mulai perlahan pulih kembali. melalui data Badan Pusat Statistik, tercatat per bulan Januari terdapat 143.744 ribu wisatawan mancanegara yang memasuki Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 126.515 ribu, angka ini meningkat sebanyak 13,62%. 

Pertumbuhan angka wisatawan diprediksi akan terus meningkat sebagaimana pemerintah telah berupaya membuat industri pariwisata bangkit kembali. Namun, Anda sebagai pelaku usaha bisnis di industri pariwisata juga turut berperan dalam usaha. 

Kembangkanlah properti anda agar dapat menarik minat wisatawan dengan mengikuti beberapa tren pariwisata 2022 berikut. 

5 Tren Pariwisata Saat Ini Yang Berpeluang Mendatangkan Tamu

1. Work From Anywhere

tren pariwisata 2022
Bekerja jarak jauh menjadi tren pariwisata baru di tahun 2022. Photo by Andrea Piacquadio

Tren pariwisata 2022 yang pertama adalah Work From Anywhere. Semenjak pandemi menghantam, dan diikuti dengan perkembangan teknologi yang pesat, banyak perusahaan memberlakukan Work From Anywhere untuk para karyawannya. 

Hasil survei Forum Ekonomi Dunia (WEF) dan Ipsos pada 2020 menunjukkan rata-rata 52 persen responden secara global mengimplementasikan Work From Home. Peraturan Work From Home ini pun dijadikan oleh banyak pekerja sebagai kesempatan untuk bekerja sambil berlibur atau healing dengan pindah ke luar kota. Dan hal ini pun sekarang disebut sebagai Work From Anywhere.

Bali merupakan salah satu tempat surganya para pekerja work from anywhere. Dari segi kebutuhan hidup yang tidak terlalu mahal dan tergolong daerah yang tidak terlalu ramai menjadikannya semakin populer di kalangan pekerja jarak jauh. 

Rekomendasi

Hingga sekarang di tahun 2022, tren bekerja jarak jauh ini diprediksi oleh para ahli akan terus berkembang dan tidak ada masa habisnya karena dirasa efektif. Dengan demand yang semakin banyak ini, sudah saatnya anda mulai membuat strategi agar para pekerja WFA tertarik untuk tinggal di properti anda. 

Untuk mengikuti tren pariwisata 2022 satu ini, Anda dapat memulai dengan merenovasi properti anda agar WFA-friendly dengan menyediakan meja kerja yang sesuai, minibar, WIFI, dan lainnya agar mereka puas berada di properti Anda. 

Selain itu, branding lah properti Anda sebagai WFA-friendly, dengan mengubah title, deskripsi, atau membuat promo khusus pekerja WFA. 

2. Road Trip

tren pariwisata 2022
Road trip bersama keluarga atau sahabat menjadi tren pariwisata yang berkembang. Photo by Alfonso Escalante

Berdasarkan laman pegipegi.comroad trip atau perjalanan jarak jauh ini kini tengah menjadi tren di kalangan wisatawan. Selain costnya yang sedikit, road trip juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi tamu bersama sahabat atau keluarga. 

Ada banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan dengan tren pariwisata 2022 satu ini, seperti menemukan wisata hidden gem, mengunjungi tempat-tempat baru, membentuk kekompakan bersama keluarga dan sahabat, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosi diri.

Perjalanan road trip juga dirasa lebih aman dan nyaman karena Anda tidak berkontak langsung dengan orang asing jika mengendarai kendaraan umum. Melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi juga cukup nyaman dan efektif untuk menghabiskan quality time bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja.

Rekomendasi

Bagi Anda yang memiliki properti, anda dapat melihat peluang untuk meningkatkan okupansi anda dengan mengikuti tren ini. Anda dapat menyediakan penyewaan mobil atau minivan yang bisa tamu gunakan untuk road trip. Ini akan sangat memudahkan tamu agar mereka tidak perlu lagi menemukan mobil rental lain yang belum terpercaya. 

Untuk menyediakan mobil yang pas untuk tamu road trip, kami rekomendasikan untuk menyediakan mobil yang lumayan besar dan memiliki bagasi besar. Ini karena road trip biasanya dilakukan oleh tamu yang berombongan dengan keluarga, para sahabat, atau rekan kantor. 

3. Staycation

tren pariwisata 2022
Tren staycation semakin diminati oleh wisatawan semenjak pandemi. Photo by Askar Abayev

Tren pariwisata saat ini yang  telah bermunculan dan berkembang pesat sejak tahun sebelumnya selama pandemi, yakni Staycation. Ini dikarenakan liburan versi staycation lebih aman dan jauh dari bahaya virus yang menyebar. 

Para tamu dapat menikmati waktu mereka bersama keluarga, sahabat di villa. Banyak kegiatan untuk quality time yang bisa dilakukan, seperti pesta barbeque, menonton film, piknik kecil dan lainnya. 

Rekomendasi

Untuk memberikan pengalaman yang sempurna bagi tamu Anda, sediakanlah beberapa fasilitas yang baik untuk mendukung pengalaman tamu anda. Anda dapat menambahkan fasilitas, seperti Smart TV, game console, WIFI, peralatan barbeque, dan lainnya. 

4. Contacless Services

tes pariwisata 2022
Contacless service efektif untuk mengurangi kontak langsung dengan tamu. Photo by Yan Krukov

Semenjak pandemi menghantam, banyak para ahli memprediksi bahwa contactless services adalah masa depan dunia perhotelan. Ini karena para tamu kini lebih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan mereka selama liburan. 

Sudah banyak pelaku bisnis melakukan contactless service ini, seperti memberlakukan self-check in, online delivery service, air-support system dan lainnya. Dengan memiliki contactless services menggunakan teknologi yang ada ini akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada tamu. Tamu akan merasa lebih aman, nyaman, dan tentunya praktis.

Rekomendasi

Untuk mengimplementasikan contactless services di properti anda, Bukit Vista menyarankan agar anda melakukan beberapa step protokol seperti: 

  • mengimplementasikan self-check in dengan Smart Locks
  • mengirim welcoming message kepada tamu anda dan menghubungkan mereka kepada staff properti anda jika sewaktu-waktu mereka memerlukan sesuatu kapanpun selama mereka menginap.
  • Mengaktifkan air-support dan hosting services untuk memberikan keramahan dan membantu tamu untuk check in tanpa kontak dengan mengirim email atau SMS rencana perjalanan dan konfirmasi reservasi kepada tamu. Cara ini efektif untuk mengurangi jumlah interaksi tatap muka

5. Konsep Outdoor Dining

tren pariwisata 2022
Konsep outdoor dining memberikan pengalaman yang berbeda kepada tamu. Photo by Ron Lach

Tren wisata alam tak cukup hanya staycation dan roadtrip, outdoor dining di area alam terbuka juga diprediksi akan menjadi tren wisata mendatang usai pandemi. Outdoor dining memberikan suasana makan bersama di luar atau area terbuka dengan pemandangan alam yang memukau. 

Outdoor dining akan semakin cepat naik daun karena memberikan pengalaman dan nuansa yang unik bagi tamu. Sudah banyak restoran dengan konsep outdoor dining yang tersebar di Indonesia.

Selain nuansanya yang unik, mewah, dan menenangkan, restoran outdoor dining juga biasanya memberikan tempat yang instagrammable dan pas dijadikan spot foto bagi turis. 

Rekomendasi

Tren satu ini sangat pas untuk anda manfaatkan untuk menarik minat para wisatawan. Jika properti, anda memiliki area terbuka yang cukup luas dan memiliki pemandangan yang indah, anda dapat memanfaatkannya untuk menyediakan outdoor dining service ini. 

Anda dapat menyediakan set dining table yang bagus dan praktis, sewaktu-waktu tamu anda memesan layanan ini. Tawarkanlah servis ini pada tamu yang sedang honeymoon, tamu berpasangan, maupun keluarga. Ini bisa menjadi peluang yang baik bagi Anda untuk meningkatkan okupansi properti Anda. 

Kesimpulan

Mengikuti tren pariwisata saat ini memang sangat penting untuk melihat peluang menguntungkan untuk properti Anda. Jangan sampai Anda tidak update dengan perkembangan tren pariwisata saat ini dan tidak mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Bukit Vista selalu menggunakan teknologi dan data yang akurat untuk mengetahui perkembangan dan permintaan pasar secara real-time. Ini yang akan membantu kami untuk memberikan solusi terbaik dan memasarkan 206+ partner untuk dapat bersaing di pasar. 

Ingin mendapat update terbaru tentang pasar pariwisata dan mengatasi permasalahan properti Anda? Konsultasikan properti Anda sekarang bersama tim expert Bukit Vista tanpa dipungut biaya apapun.

 

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap