apa itu g20

Apa itu G20 dan Manfaatnya Bagi Pariwisata Indonesia

img Feby Sumadewi | November 3, 2022

Apa itu G20?

apa itu g20
G20 merupakan salah satu forum multilateral terbesar yang menyelenggarakan berbagai pertemuan tingkat tinggi dan pertemuan para menteri dari 20 negara di dunia. Foto oleh aptika.kominfo.go.id

G20 merupakan salah satu forum multilateral terbesar yang menyelenggarakan berbagai pertemuan tingkat tinggi dan pertemuan menteri dari 20 negara di dunia. Foto oleh aptika.kominfo.go.id

Kepresidenan G20 merupakan forum pertemuan kerja sama multilateral antara 19 negara utama Uni Eropa (UE) yang diadakan setiap 20 tahun sekali. Kali ini, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dengan tema “Recover together, Recover Stronger”.

Melalui tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bergandengan tangan dan saling mendukung untuk kembali bersatu dan tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan guna menciptakan masa depan yang lebih baik.

Diselenggarakan dari 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, akan ada 18 ribu delegasi dari berbagai negara dan 150 pertemuan akan digelar di 19 kota di tanah air. 

Kepresidenan G20 akan mengadakan pertemuan-pertemuan penting, yaitu Summits, Ministerial and Deputies Meetings, dan Working Groups, selama periode ini.

Menjadi tuan rumah pertemuan akbar ini, Indonesia memiliki banyak potensi dan manfaat. Apa manfaat G20 bagi Indonesia dapat membawa berbagai dampak positif yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, khususnya di sektor ekonomi pascapandemi. 

Ingin tahu lebih jauh bagaimana dampak yang bisa dirasakan Indonesia melalui pertemuan penting ini, yuk lanjutkan membaca di bawah ini.

Apa Manfaat G20 Bagi Pariwisata Indonesia

apa itu g20

Anda mungkin bertanya-tanya apakah G20 bisa memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, terutama di bidang pariwisata. Menjadi pusat perhatian dunia, Kepresidenan G20 akan menjadi ajang pengenalan pariwisata, budaya, dan produk unggulan Indonesia ke dunia internasional

G20 mewakili lebih dari 60% populasi dunia, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, China, Turki dan Uni Eropa.

Momentum ini merupakan peluang emas bagi pelaku usaha untuk memanfaatkannya dalam mempromosikan usahanya. Seperti dikutip dari Opening Ceremony of G20 Presidency, Menteri Perekonomian RI Airlangga Hartanto mengatakan akan tercipta sebanyak 33 ribu lapangan pekerjaan, meningkatkan konsumsi domestik sekitar Rp. 1,7 triliun, meningkatkan PDB nasional sebesar Rp. 7,4 triliun sebagai hasil dari Kepresidenan G20. 

Melalui pertemuan-pertemuan tersebut, diharapkan dapat membantu secara signifikan meningkatkan perekonomian Indonesia dan seluruh dunia pasca masa pascapandemi. 

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan G20 merupakan peluang besar bagi Indonesia sebagai tuan rumah dalam pemeringkatan perekonomian. Pertemuan yang mempertemukan 20 negara di dunia itu membuat sektor pariwisata tumbuh pesat.

Ini adalah peluang bagus untuk mengoptimalkan hunian dan memperkenalkan bisnis Anda kepada wisatawan. Namun, dibutuhkan persiapan dan promosi yang matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mulai bingung harus mulai dari mana? Sebelum Anda pusing memikirkannya, Anda bisa memulainya dengan berkonsultasi dengan tim ahli Bukit Vista. Bukit Vista selama lebih dari 8 tahun, telah membantu lebih dari 206 properti yang tersebar di Bali dan Jogja.

Dengan Bukit Vista, Anda tidak perlu khawatir tentang strategi untuk memasarkan properti Anda secara optimal. Kunjungi situs web kami di sini dan temukan solusi terbaik untuk masalah properti Anda bersama kami.

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap